Ciri bahwa kamu orang yang egois



Pernakah kita menjumpai orang yang keras kepala? Saya yakin kita semua pasti pernah bertemu dengan orang orang yang keras kepala, bahkan mungkin kita juga memiliki teman yang seperti itu, atau bahkan dalam diri kita terdapat ciri-ciri yang menandakan bahwa kita adalah orang yang keras kepala. Berikut 5 ciri-ciri bahwa kamu orang yang egois atau keras kepala :
                   1.    KAMU MERUPAKAN ORANG YANG TIDAK MAU DISALAHKAN
Ciri-ciri kalau kamu orang yang egois adalah kamu tidak pernah mau untuk menjadi orang yang disalahkan. Kamu sangat gampang menyalahkan orang lain padahal kesalahan itu berasal dari kamu. Kamu susah untuk bersikap jujur dan sulit untuk bertanggung jawab atas  hal yang kamu lakukan. Kamu beranggapan bahwa dirimu paling benar, dan tidak ada orang lain yang benar.

2.      KAMU SELALU MENGELUH

Kamu selalu mengeluh, kamu beranggapan bahwa dunia ini lah yang bersalah padamu. Ketika semua hal yang telah kamu rencanakan tidak berjalan sesuai rencana maka dengan mudahnya kamu akan mengeluh. Jika apa yang telah kita rencanakan tidak berjalan sesuai rencana cobalah kita intropeksi diri kita. Jangan terlalu menyalahkan keadaan. Orang sukses tidak pernah menggunakan waktunya hanya untuk mengeluh. Mengeluh tidak memberikan hasil dan mengubah apapun. Jangan buang waktumu dengan percuma untuk mengeluh jika tidak mau dianggap orang yang egois. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." [Surah Al-Baqarah ayat 216].

3.      KAMU TIDAK PERNAH MAU BERUBAH KE ARAH YANG LEBIH BAIK

Jika anda memiliki rasa malas, tidak ada keinginan untuk berubah kearah yang lebih baik, sebaiknya mulai saat ini anda buang jauh-jauh rasa mala situ, dan berusahalah untuk tidak lagi menganggap bahwa diri kalian adalah yang paling benar. Anda jangan menganggap bahwa pada diri anda sudah tidak ada kesalahan dan bahwa diri anda sekaran telah sempurna.

4.      KAMU TIDAK MEMENTINGKAN PENDAPAT ORANG LAIN

Ciri-ciri lainnya dari seseorang yang bersifat egois adalah tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Memang bagus berpegang teguh pada pendapat diri sendiri, tetapi ada kalanya pendapat orang lain dibutuhkan untuk mencapai hasil yang maksimal. Bisa jadi sudut pandangmu itu salah, dan bantuan orang lain pasti bisa meluruskan pandanganmu yang keliru tersebut. Jangan pernah malu untuk meminta bantuan dari orang-orang yang ada di sekelilingmu.

5.      KAMU HANYA MEMIKIRKAN DIRI SENDIRI

Orang yang egois biasanya akan enggan disuruh menunggu dalam hal apapun. Bahkan menunggu saat mengantri di kasir pun ia tidak sabaran. Pikirannya hanya bertumpu pada dunianya, tidak menghargai atau mementingkan orang lain. Ia selalu ingin didahulukan ketika mengantri. Kamu perlu tahu, kesabaran diperlukan dalam berbagai hal bahkan yang tidak terduga sekalipun, seperti menunggu jadwal terbang pesawat yang delay, menunggu kereta datang karena terganggu, menunggu datangnya pizza yang dipesan dari layanan delivery, menunggu datangnya jodoh, dan sebagainya. Jika kamu tidak mau bersabar dengan menunggu, kamu tidak akan pernah mendapat apa yang kamu inginkan.
Semoga setelah membaca tadi kita bisa mengintrospeksi diri kita sendiri agar kita tidak menjadi pribadi yang egois atau keras kepala, dan semoga kita menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain, Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain..

 





Previous
Next Post »
Thanks for your comment